Ketua PMDH Wono Lestari Desa Petungroto Lakukan Audensi Bersama ADM KPH Kediri

Ketua PMDH Wono Lestari Desa Petungroto Lakukan Audensi Bersama ADM KPH Kediri
Paling kanan: Rukman Supriatna selaku Administratur KPH Kediri usai melakukan audensi bersama Ketua PMDH Wono Lestari Suji bersama 3 Pendamping dan 1 Pengawas PMDH Desa Petungroto Kec Mojo Kab Kediri. (Foto: Prijo Atmodjo/JIS)

KEDIRI - KPH Kediri bersama Ketua Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) Wono Lestari Desa Petungroto Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri melakukan audensi dan mediasi yang berlangsung di Aula Kantor KPH Jalan Hasanudin Kota Kediri, Jawa Timur, Jum'at (8/10/2021) siang.

Setelah melalui proses mediasi dan audensi yang didampingi 3 orang pendamping dan 1 pengawas serta pihak Polres Kediri Kota melalui Kabag OPS Kompol Abraham Sisik berjalan dengan lancar. Meski ada insiden dengan keluarnya Kang Mus dari ruang audensi.

Hasil dari audensi diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Bersama yang ditanda tangani Rukman Supriatna selaku Administratur KPH Kediri dengan Suji selaku Ketua PMDH Wono Lestari dengan mengetahui dan disaksikan ada 3 pendamping dan 1 pengawas. Yaitu, DR Habib, SH, M.Hum, Choirul Anam dan Tomy Ari Wibowo dan Pengawas PMDH Arif tertanggal Jum'at 8 Oktober 2021.

Isi dari kesepakatan bersama, yaitu, 1.Petugas yang arogansi akan diberikan pembinaan, sanksi dan mutasi. 2.Jarak tanaman pokok 6 X 6 meter harus aman dan menjadi tanggung jawab bersama, 3.Tanaman kehutanan akan dibicarakan lebih lanjut.

Disusul kesepakatan lain yaitu, 4. tanaman sela ditanami dengan tanaman kopi, cengkeh, kapulogo, rumput gajah, rempah dan buah-buahan, 5. Masyarakat diberi kewajiban menjaga kelestarian lingkungan. 6. Kerjasama terkait obyek wisata situs panji laras dan wisata alam.

Usai melakukan audensi dan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama. Suji selaku Ketua PMDH Wono Lestari Desa Petungroto mengatakan, hari ini kita melakukan audensi dengan Adm KPH Kediri tujuan pengurus dan anggota PMDH berhasil sesuai yang direncanakan.

"Kami warga Desa Petungroto yang sebelumnya ada miskomunikasi antara masyarakat dengan petugas perhutani. Dan sekarang, setelah dilakukan mediasi dan audensi dengan Adm KPH Kediri semua tuntutan masyarakat dikabulkan semuanya, " ucap Suji kepada media indonesiasatu.co.id.

Tuntutannya lahan tanaman pokok 6 X 6 meter sudah disepakati perhutani dan tanaman sela dan holtikultura sudah di acc semua. "Alhamdulillah kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Adm KPH Kediri, " tutup Suji.

Sementara itu, Rukman Supriatna selaku Administratur KPH Kediri mengatakan, usai melakukan audensi dengan PMDH Wono Lestari ini salah satu proses bagaimana kita bersinergi lebih baik lagi dengan PMDH dalam hal kemitraan kehutanan.

"Kita melakukan sinergi ini harus bersama-sama dan ada satu kesepahaman. Kalau saya melihat ada perbedaan yang harus dicari solusinya. Hal ini hanya masalah miskomunikasi saja. Harapan kami teman-teman bisa bersinergi lebih baik lagi, " ucap Rukman.

Disinggung terkait beberapa tuntutan dari PMDH. Rukman menjelaskan, awalnya terkait SDM kami mungkin karena keterbatasan pengetahuan dan terkesan tidak cocok dengan pengurus PMDH dan terkait jarak tanam yang perlu ada  perubahan jarak mungkin terlalu rapat, sehingga bisa diperlebar.

"Harapan kami kedepan mencari solusi yang terbaik agar fungsi hutan sendiri tidak berubah. Alhamdulillah dengan adanya audensi bisa kita komunikasi dan bersinergi lebih baik lagi, " tutup Rukman.

Terpisah Arif selaku Pengawas PMDH Wono Lestari Desa Petungroto lewat WhatsApp mengatakan, setelah dilakukan audensi bersama ADM KPH Kediri. "Alhamdulillah terkait hajat masyarakat banyak di kabulkan  dan semoga bisa bermanfaat untuk seluruh warga Desa Petungroto, " tutup Arif. (prijo)

KEDIRI
Prijo Atmodjo

Prijo Atmodjo

Previous Article

Ketua PBNU Ikut Pengajian Rutin Kemis Legi...

Next Article

Rakor Bersama Presiden, Pemkab Kediri Peringkat...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 23

Postingan Tahun ini: 2791

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 21

Postingan Tahun ini: 1749

Registered: May 25, 2021

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 14

Postingan Tahun ini: 64

Registered: Nov 8, 2021

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 12

Postingan Tahun ini: 706

Registered: May 7, 2021

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Oknum Pegawai PDAM Jeneponto Diduga Rusak Trotoar Depan Hotel Valentine's
Aksi Unjuk Rasa Depan Kantor Bupati Jeneponto Nyaris Ricuh, Pendemo Desak Copot Kasatpol PP
Dikibusi SH, Akhirnya SF Diringkus Satres Narkoba Polres Simalungun dan Sabu 1.1 Gram Diamankan
Proyek Penyambungan Pipa PDAM Cilacap Dikeluhkan Warga Tambakreja

Follow Us

Recommended Posts

Posramil 0826-12 Kadur Intensifkan Pelaksanaan Vaksinasi Untuk Lansia
Di Markas Sikatan, Letjen Suharyanto Minta Prajurit Harus Bisa Jadi Panutan
5 Perwira TNI-AD Resmi Mengemban Tugas di Lingkungan Kodam V/Brawijaya
Komcad laksanakan penyegaran Di Korem 082/CPYJ
Danramil Tandes Bersama Empat Pilar Lakukan Sidak Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka