Relawan FPRB Kab Kediri Siap Bermitra dan Bersinergi dengan Pemerintah

Relawan FPRB Kab Kediri Siap Bermitra dan Bersinergi dengan Pemerintah
Dr Ari Purnomo Adi selaku Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kab Kediri.(Foto: Prijo Atmodjo/JIS)

KEDIRI - Setelah terbentuknya susunan pengurus relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Kediri periode 2021-2026, berlangsung di ruang Kilisuci kantor Pemkab Kediri.Senen (22/11/2021). Siap bermitra dan bersinergi dengan Pemkab Kediri melalui BPBD Kabupaten Kediri.

FPRB Kabupaten Kediri ini merupakan kerja sosial, tidak menunggu Surat Keputusan (SK) dari Bupati Kediri. Forum ini dibentuk untuk membantu mengurangi resiko bencana yang bila nanti menimpa  masyarakat Kabupaten Kediri.

Intinya relawan ini bekerja dengan penuh  keikhlasan dan bekerja untuk masyarakat yang terdampak bencana. Di wilayah Kabupaten Kediri yang merupakan rawan bencana berada di lereng gunung wilis dan gunung kelud.

Dengan terbentuknya susunan pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) ini, untuk tahap awal yang dilakukan membuat benih menghadapinya perubahan iklim. 

Dr Ari Purnomo Adi selaku Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kab Kediri mengatakan, bahwa setelah dibentuknya susunan pengurus FPRB ini kita adalah mitra pemerintah. 

"Kita relawan tidak boleh meninggalkan jiwa relawan. Jadi kita harus meringkas sistem apalagi bergerak di kebencanaan. Tidak perlu bertele-tele. Kita harus gerak cepat, cak cek, cak set, " tegas Ari.

Menurutnya, langkah awal yang dilakukan kita berusaha menguatkan setiap elemen anggota relawan dalam menghadapi perubahan iklim. 

"Kami memilih mencegah timbulnya bencana. Langkah awal yang tergabung dalam FPRB  ini akan menanam pohon dan  mandiri benih, " katanya.

Salah satu cara untuk pencegahan bencana terutama bencana hidrometeorologi. Lanjut Ari yaitu dengan cara banyak menanam pohon di lahan kritis dan tempat-tempat yang perlu mendapatkan perhatian.

Saya punya keinginan seluruh elemen kemasyarakatan yang ada di Kab Kediri yang fokus pada bencana ikut terlibat baik dalam pencegahan, pada saat penanganan bencana atau pasca bencana. Semua elemen akan kami gandeng dan bekerjasama sesuai porsi kekuatan, kemampuan dan kemauan masing-masing, " 

"Dan, begitu akan kita sinergikan dengan pemerintah, karena kita sebagai mitra yang terpenting tujuan akhir untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kediri , " tutup Dr Ari Purnomo selaku Ketua FPRB Kan Kediri.

Sementara itu, Saifudin Zuhri selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab Kediri mengatakan, hari ini kami dari BPBD melakukan kegiatan fasilitasi Forum Pengurangan Resiko Bencana sesuai amanat UU nomor 24  tahun 2007 bahwa urusan bencana ada yang namanya Forum Pengurangan Resiko Bencana ini menjadi mitra dari BPBD.

"Kita ada 5 sektor yaitu sinergitas pentahelix ada dari unsur pelaku usaha, SKPD, masyarakat, akademisi dan media, " katanya.

Kami berharap dengan terbentuknya Forum ini kita bisa bekerjasama sesuai visi misi Bupati Kediri nomor 7 tentang tata kelola lingkungan dan mitigasi bencana bisa berjalan dengan baik.

Kita saat ini memasuki ancaman hidrometeorologi dan fenomena la mina serta curah hujan yang meningkat. Apalagi di Kab Kediri ada gunung wilis dan kelud dimana ancaman banjir bandang dan banjir  lahar hujan sangat tinggi sekali.

"Dengan dibentuknya FPRB ini yang bertujuan melakukan kegiatan yang sifatnya untuk mengurangi resiko bencana di masyarakat Kabupaten Kediri, " tutup Saifudin.

Salah satu relawan dari Perkumpulan Disabilitas Hendi Purnomo menuturkan, bahwa dengan bisa ikut bergabung menjadi relawan di FPRB ini menjadi bagian mitra dari BPBD sangat senang  untuk memacu adrenalin agar terus tetap semangat. Salah satu kegiatan yang dilakukan ikut terjun mensukseskan penanaman penghijauan, membantu warga yang terkena bencana alam atau musibah banjir.

"Sebelumnya, juga ikut terjun dalam peristiwa bencana meletusnya gunung Kelud. Kami dari PDKK ikut menjadi relawan dengan melibatkan 20 orang. Dibagi tim ada dan melihat kondisi lapangan. Bisa membantu masak dapur darurat dan lain-lain, " ungkap Hendi Purnomo selaku Anggota PDKK. (prijo)

KEDIRI
Prijo Atmodjo

Prijo Atmodjo

Previous Article

59 Anggota Polres Kediri Kota Purna Bakti...

Next Article

Jadi Ikon Kabupaten Kediri, Mas Dhito Komitmen...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 23

Postingan Tahun ini: 2791

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 18

Postingan Tahun ini: 1746

Registered: May 25, 2021

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 13

Postingan Tahun ini: 63

Registered: Nov 8, 2021

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 12

Postingan Tahun ini: 706

Registered: May 7, 2021

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Oknum Pegawai PDAM Jeneponto Diduga Rusak Trotoar Depan Hotel Valentine's
Aksi Unjuk Rasa Depan Kantor Bupati Jeneponto Nyaris Ricuh, Pendemo Desak Copot Kasatpol PP
Dikibusi SH, Akhirnya SF Diringkus Satres Narkoba Polres Simalungun dan Sabu 1.1 Gram Diamankan
Proyek Penyambungan Pipa PDAM Cilacap Dikeluhkan Warga Tambakreja

Follow Us

Recommended Posts

Biddokkes Polda Jatim Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personil Kesehatan Aplikasi Yankes Presisi
Warga Campurejo Kehilangan Becak Kapolsek Mojoroto Belikan Becak Baru
Vaksinasi Di Ponpes AL Hamidiyah disambut Baik
Satpol PP Kabupaten Jember Selalu Ingatkan Warga Untuk Taat Prokes
Tony Rosyid: Warga Jakarta Berlimpah Subsidi